Gaming Opini

Bermain Games di iPhone X

Kita buka artikel ini dengan sebuah pertanyaan. Apakah menurut kalian bermain games di iPhone adalah hal yang menarik? Nah, pada postingan kali ini kami akan berbagai pengalaman tentang bermain games di iPhone X hingga apakah recommended atau tidak hal tersebut.

iPhone X merupakan produk flaghship pertama Apple yang merilis sistem keamanan menggunakan Face ID atau melakukan unlock smartphone menggunakan muka dengan berbagai sensor agar semakin akurat dan aman.

iPhone X dirilis pada tahun 2017 di bulan September. Artinya sudah hampir 5 tahun perangkat ini dirilis. Hingga tulisan ini dibuat, iPhone X masih mendapatkan update software iOS yang diprediksi hingga tahun 2025.

Untuk fitur-fitur serta informasi lebih lengkap mengenai iPhone X, bisa kalian cari review-nya di berbagai media. Penulis di sini hendak fokus ke aspek experience bermain games di iPhone X.

Spesifikasi Iphone X

  • Display : Super Retina OLED, HDR 10, Dolby Vision 625 Nits (HBM), Fitur 3D Touch,
  • Chipset : Apple A11 Bionic (10 nm)
  • Graphics : Apple GPU 3 Core Graphics
  • RAM : 3 Gb
  • ROM : 64, 128, 256 Gb

Score Banchmark

  • Antutu Banchmark : 233100
  • GeeBench : 10215
  • GFXBench : 28 Fps (ES 3.1 onscreen)

Sumber : GSMArena.com

Pengalaman bermain games di iPhone akan penulis bagi beberapa poin seperti pengalaman bermain di games tertentu, kelebihan – kekurangan, harga dan kesimpulan.

1. Players Unknown BattleGround

Dulu pernah ada lelucon yang mengatakan pengguna iPhone dilarang bermain PUBG. Apakah kalian pernah mendengar lelucon tersebut noobs? Lelucon tersebut digembar-gemborkan karena PUBG pada iOS sangat lancar dan smooth sekali ketika Android di beberapa smartphone.

Hal ini terlihat dari grafis yang tidak patah-patah atau starter, hingga FPS yang tidak stabil serta tidak mengalami drop FPS. Berbeda di Android yang sering kali masih terjadi masalah bug pada sistem game-nya meskipun sudah menggunakan hape sekelas Flaghship.

Settingan di PUBG ini kalian bisa coba di kualitas grafis HDR dan FPS High. Akan tetapi kalian akan mendapatkan FPS 40 saja bahkan kurang. Apalagi ketika hape ini panas maka drop FPS akan terasa sekali. Sehingga penulis lebih merekomendasikan kualitas grafis low dengan FPS extreme.

Main PUBG di sini sangat enak dan lancar sekali noobs. Bahkan untuk genggaman hapenya pun sangat mantap karena ukuran hapenya yang sangat pas sekali di tangan. Tidak kegedean maupun kekecilan.

Namun yang perlu kalian perhatikan ketika bermain PUBG di Iphone X ialah masalah baterai yang sangat cepat habis, serta suhu iPhone X yang sangat panas jika berlama-lama dimainkan.

DISCLAIMER! JANGAN PERNAH BERMAIN GAMES SAMBIL DI CHARGER, KARENA ITU MEMBUAT PERANGKAT IPHONE BAHKAN DEVICE APAPUN AKAN CEPAT RUSAK.

Sehingga menurut penulis, Anda bisa bermain PUBG di iPhone X dengan rasa nyaman karena FPS yang bagus dan stabil serta grafis yang memukau tanpa starter. Namun jangan berharap kalian bisa bermain lama di hape ini karena daya tahan baterai iPhone X yang kecil.

2. Call of Duty Mobile

Entah kenapa penulis sangat senang bermain games Call Of Duty Mobile pada iPhone X, bahkan semakin senang dan nyaman penulis bisa mementokan level CODM penulis hingga level 150. Kenapa bisa demikian?

Selain dari sisi performa yang bisa mentok kanan, penulis lebih suka dengan fitur 3D Touch yang sangat berguna sekali ketika kalian bermain game FPS multiplayer ini. Kalian hanya perlu menekan layar saja tanpa perlu menekan tombol fire pada games kalian sudah bisa menembak sendiri dengan fitur ini.

Fitur 3D Touch ini kurang lebih sama layaknya R1 dan L1 yang ada pada handphone gaming seperti ROG Phone. Sehingga fitur ini sangat berguna sekali dengan gemes tipikal multiplayer yang sangat cepat seperti CODM.

Seperti yang sudah disinggung kalau CODM ini memiliki settingan rata kanan, kalau penulis sendiri mengatur FPS CODM ke MAX dan graphic high. Settingan tertinggi pada grafik juga bisa very high namun FPS akan turun ke very high.

3. Mobile Legends

Sebenarnya penulis tidak terlalu suka bermain Mobile Legends namun demi kalian penulis akan menceritakan pengalaman teman penulis ketika bermain Mobile Legends di iPhone X. Katanya ini pertama kalinya dia bermain games Mobile Legends selancar dan sebagus ini.

Karena settingan grafis yang terdapat di Mobile Legends bisa rata kanan dengan lancar tanpa ada kendala. Namun, pernah suatu ketika ketika dalam ronde itu banyak hero dan skill yang digunakan beberapa momentum mengalami lag yang parah, namun itu hanya beberapa kali kejadian saja.

Menurut dia, iPhone X sangat worth it untuk push rank Mobile Legends karena lancarnya game ini dan FPS yang bisa dikatakan sangat konsisten.

Apalagi dari segi touchscreen menurut dia sangat sensitif sehingga pergerakan movement yang kecil bisa dirasakan serta dapat mempengaruhi hero tersebut.

Kelebihan Iphone X dalam bermain games

  • Performance sangat bagus dan sangat berkompetitif dengan hape sekarang.
  • Aplikasi Games sangat optimal sekali.
  • Sangat minim lag dan stater pada games.
  • Memiliki fitur 3D touch sebagai opsi untuk bermain games FPS.
  • Touchscreen yang dimiliki iPhone X sangat responsif sekali.

Kekurangan Iphone X ketika bermain games

  • Device cepat panas hingga membuat tidak nyaman bahkan lag pada games.
  • Memory iPhone cepat penuh apalagi memililh varian 64 GB.

  • Kapasitas baterai yang sangat kecil dan sangat cepat habis.
  • Tidak memiliki semacam aplikasi game mode seperti di Android sehingga kalian bisa diganggu oleh telephone ataupun notifikasi yang masuk.
  • Waktu charger iPhone relatif lama dan tidak tergolong cepat meskipun sudah menggunakan fast charging power delivery.

BACA JUGA

Apakah iPhone X Worth It Untuk Nge-game?

Harga

Untuk harga iPhone X, sekarang sudah tidak ada harga resmi yang dijual oleh Apple mengingat produk ini sudah di discontinue oleh Apple. Namun Anda tetap bisa menemukan hape ini di toko distributor dengan harga bekas berkisar Rp.4.500.000 – Rp.6.000.000.

Harga tersebut sangat berkompetitif dengan hape kelas mid-range. Namun perlu diingat ketika tulisan ini dibuat, kebanyakan iPhone yang beredar di pasar ini sudah diotak-atik alias refurbish oleh pihak non-resmi. Maka dari itu kalian perlu pintar-pintar untuk memilih hape tersebut.

Kesimpulan

Dengan harga kisaran 5 jutaan kalian sudah bisa mendapatkan gengsi sebagai pengguna produk Apple. Apalagi performance yang dimiliki sangat memumpuni untuk games sekarang hingga garansi update software hingga 3 tahun ke depan.

Untuk pengalaman bermain games di iPhone X menurut kami sangat menyenangkan dan dapat diandalkan untuk bermain games. Namun kalian perlu mempertimbangkan tentang kelemahan yang sudah kami sebutkan. Jika kalian ada pertanyaan tentang pengalaman bermain games di iPhone X, tulis di kolom komentar ya!

 

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × one =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami