Gaming OpiniGaming Stuff

Berikut ini perbedaan Spesifikasi Xbox Series X vs PlayStation 5

Pada bulan ini merupakan kabar baik bagi para gamers untuk menantikan next generation dari dua console terbesar. Dari pihak Playstation akan memunculkan series 5 atau PlayStation 5 dan Microsoft yaitu Xbox Series X.

Masing masing dari para perusahaan tersebut sudah menjelaskan masing massing spesifikasinya tersebut. berikut ini untuk linknya :

Dari kedua spesifikasi ini bahwasnya banyak dari kita binggung perbedaanya apa antara spesifikasi Playstation 5 dan Xbox Series X. nah maka dari itu idlegionoob akan membahas perbedaan spesifikasi tersebut :

CPU Xbox Series X vs Playstation 5

Playstation 5: 8x Zen 2 Cores at 3.5GHz with SMT (variable frequency)

Xbox Series X: 8x Zen 2 Cores at 3.8GHz Single Thread (3,6 GHz with Multi Thread)

Pada CPU atau processor ini menggunakan Kustomisasi CPU berbasis mikroarsitektur AMD Zen 2 atau menggunakan chip CPU Ryzen Generasi ke 3 yang rilis di PC. Namun perbedaanya ialah dari segi clock speed yaitu Pada PS 5 yaitu 3.5 GHz dan pada Xbox Series X yaitu 3.8 Ghz untuk Single Thread dan 3.6 Ghz untuk Multi Thread. Untuk jumlah core semua sama yaitu 8 core.

GPU Xbox Series X vs Playstation 5

Playstation 5: 10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz (variable frequency)

Xbox Series X: 12 TFLOPs, 52 CUs at 1.825 GHz, Custom RDNA 2

Untuk GPU Xbox series X ini menggunakan GPU Custom RDNA 2 12 TFLOPS, 52 CUs di 1.825 GHz. Lalu untuk Playstation 5 ini menggunakan GPU Custom RDNA 2 10.28 TFLOPS, 36 CUs di 2.23 GHz. Dari sini memang sama sama menggunakan GPU Custom berbasis Arsitektur RDNA 2

Hanya saja Xbox series X ini memiliki keunggulan yaitu pada komputasi GPU berjumlah 52 CUs, sementara pada Playstation 36 CUs.

Hal ini juga terlihat pada bagian teraflop atau TFLOPS, TFLOPS merupakan kemampuan komputasi matematis dalam menghitung floating-point. Semain besar angka TFLOPS maka akan semakin besar juga kemampuanya.

Dan ternyata Playstation 5 kalah TFLOPS dengan Xbox series X yaitu PS 5 10.28 TFLOPS dan Xbox series X berjumlah 12 TFLOPS. Sehingga kemampuan GPU ini dimenangkan sedikit oleh Xbox Series X.

RAM/VRAM

Untuk spesifikasi yang lain seperti RAM dan Memory ini sama atau penulis anggap seimbang.

RAM yang digunakan adalah 16GB GDDR6. 16GB ini dibagi bagi dari Operating System, Aplikasi dan juga Proses Gambar. lah Sedikit dong? karena ini GDDR6 kecepatan Ramnya ini cepet banget dibanding DDR4. karena proses aplikasi di RAM GDDR 6 ditambah SSD yang cepat, maka sekiranya aplikasi tidak terlalu mebutuhkan RAM yang besar banget.

SSD

SSD ini kunci dari perfoma Kedua konsol ini. Playstation 5 Mempunyai Kustom SSD berbasis NVME dengan kapasitas 825GB, kenapa ga 1TB? karena sony bilang 8225GB itu Optimal buat 12 Channel Interface. dan untuk Xbox Series X yaitu 1TB dengan Kustomisasi SSD NVME. kedua konsol ini sudah menggunakan Controller yang dekat banget dengan PCI Express Gen 4.0 yang kecepatannya bisa mencapai 5GB/s

Storage dari Playstation 5 dan Xbox Series X bisa di perbesar dengan Expanable slot. Playstation 5 bisa bernafas lega akrena menggunakan SSD NVME Bebas yang sudah disertifikasi Sony (sumber: Digital Foundry) . sedangkan Xbox Series X menggunakan Kustomisasi Expandable SSD, jadi semacam “memory card” kalo diera PS1/PS2. Maka storage Untuk Xbox Series X bsia lebih mahal dibanding SSD NVME bebas

Kesimpulanya ialah berdasarkan CPU dan GPU antara Playstation 5 dengan Xbox Series X ini dimenangkan oleh Xbox series X. tetapi Emang iya Siginifikan? Kalo Di banding Komponen PC kaya gimana? kalian bisa baca selengkapnya disini Dibawah ini

Opini: Spesifikasi Playstation 5 dan Xbox Series X Sekuat Apa Sih?

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + thirteen =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami