Gaming Opini

Berikut Fitur Terbaru Dari User Interface Playstation 5? – Analisis UI PS5

So, Sony telah merilis Bentuk dari PS5, Daleman Dari PS5 dan baru baru ini SOny Rilis Tampilan dari User Interface (UI) dari Playstation 5. UI ini memang ditunggu tunggu oleh gans Playstation karena menjadi salah satu unsur “Kecanggihan” dari Konso, itu sendiri. berikut USer Interface Playstation 5.

Jadi, Pada Video Reveal User Interface Playstation 5 dari sony, kita diperlihatkan beberapa fitur yang baru, dimana tidak tersedia di playstation 4. apa saja? berikut analisisnya.

 Tema Warna UI-nya adalah Hitam Putih

Sesuai dengan Warna konsolnya, User Interfacea akan dominan ke Putih dan Hitam. Tetapi kami yakin wanr atersebut dapat diganti sesuai dengan keinginan Gamer. Seperti PS4

Menggunakan Model Kartu kartu (Cards) di Control Center

Selanjtunya adalah Pada Playstation 5, ternyata menggunakan Model kartu kartu. Dimana saat kamu membuka Menu In-Game atau disebut “Control Center”. Akan Menampilkan Kumpulan Cards yang berisi konten dari game yang sedang dimainkan.

Kartu kartu ini berisi

  • News Dari game Publisher game yang sedang dimainkan
  • Screenshot pada Game
  • Progress Game seperti Mission, ,Level, Quest, Achievement dan sebagainya

Konten Cards yang dapat berinterkasi dengan game

Jadi kartu kartu tersebut tidak hanya sekedar menampilkan Apa saja progress mu, tapi Membantu kamu untuk menyelesaikan progress game mu.

Misalkan Kamu ingin menylesaikan beberapa Achievement. kartu ini mempermudahmu dengan menampilkan Aktifitas Apa saja yang ahrus kamu lakukan, tapi juga membantu mu untuk “Mengarahkan” mu ke aktifitas tersebut. Jadi dengan cek kartu tertsebut, game akan langsung teleportasi ke tempat achievement tersbeut.

tentu saja kami yakin Fitur ini balik lagi ke Developer. Apakah mereka akan membaut Fitur “Mengarahkan” ini pada kartu kartu ini? kami yakin jika game yang Linear atau Missable, TIdak akan mempunyai Fitur ini pada kartu tersebut.

Terdapat Guide untuk menyelesaikan Achievement

Nah Sony menambhakan fitur Guide untuk menyelesaikan Achevement dengan Tullisan (teks) dan juga Video. Sony Claim bahwa kamu tidak perlu lagi buka Browser atau melihat Walkthrough yang panjang dengan Potensi kamu kena SPoiler. Cukup tinggal liat di Guide pada Cards, Cek Achievement dan jika kamu Pelanggan Playstation Plus. kamu bsia menontoin video singkat gimana cara mendapatkan Achievement tersebut.

Sekali lagi, karena contoh yang digunakan sony adalah game yang tampaknya tidak linear dan 1st party. kami ragu Developer akan menggunakan fitur ini juga.

Kamu bisa Menonton Video Pada Saat bermain. (Card Picture in Poictuire  Mode, Card Side byu Side Mode)

kami singgung bahwa Kamu bisa meliaht video Guide Achievement tanpa buka Browsing. Dan ternyata kamu juga bisa Menonton Sambil emngikuti Aktifitas yang dipertunjukkan pada video tersebut.

Karena Sony menambahkan fitur ke PS5 dimana kamu Video tersebut Dapat “Floating” di Layarmu. Dimanapun letaknya.

Kamu bisa meletakkan Cards yang terdapat video Pada Sisi kanan layar, atau Sisi Kiri layar. ini disebut Side by side Mode

Lalu kamu juga bisa Membesarkan Video dari kartu mu tanpa harus Close game mu terlebih dahulu, Lalu kami juga bisa meletakkan video ini di manapun. ini dinamakan Picture in Picture Mode

Interactive Notification lebih flexible dan mudah digunakan

Karena UI PS5 yang tampaknya tidak kaku, dan jauh lebiih flexible, maka begitupun interactive Notifcation.

Bagi kamu yang pernah main PS4, pasti jika ada Pesan masuk, Achievement ataupun Teman amnggil, kamu harus “Minimized” game mu dan diarahkan kepada Windows tersendiri.

Nah Di PS5, Kamu tidak perlu seperti itu karena Notificationnya sudah diperbarui. Jadi akan terdapat Card yang muncul dan memperlihatkan informasi yang kamu dapat. Jika terdapat Teman mu yang Minta Voice Chat, kamu tinggal klik Logo PS di Dualsense, dan tinggal click Join tanpa harus Pause, minimzed bahkan Relaunching gamenya.

Menurut kami, ini adalah improvisasi terbaik pada Notification.soalnya kami sendiri mengalami sendiri bahwa ya notifikasi di PS4 memang keren, tapi jika kami ingin melihat lebih lengkap, kamu harus minimzed game kami dan mengganggu gameplay. dengan Notification yang lebih optimal, kami rasa ini sangat membantu teman teman gamer Playstation.

Watch Screen

Playstation 5 tanpaknya ingin memperbagus Fitur Sosialnnya di Konsol game. Fitur yuang ditambahkan selanjutnya adalah Watch Screen.

Watch Screen dapat memungkinkan kamu untuk Melihat /Mengintip Game yang sedangan Dimainkan oleh teman mu (harus 1 Party dulu dan Teman mu ahrus aktifitkan Watch Screen)

Jika ada teman mu yang menggunakan fitur ini, kamu dapat melihat Mereka sedang bermain. Jadi jika kamu kepo teman mu main apa, kamu bisa klik Notification, Klik Watch Share Screen.

nanti akan Muncul Cards Lagi dimana berisi Share Screen. Nah Seperti cards video yang sudah kami jelaskan diatas, kamu bisa meletakkan video itu dimana saja sambil bermain game mu. jadi ga perlu pause, minimized atau close gamenya.

Screenshot jauh lebih mudah.

yang punya PS4 bahwa Screenshoot di PS4 agak Sedikit Tricky. Dimana tedapat Delay, atau kadang ngakktifin Notification tray sehingga mengganggu Gameplay mu? di PS5 sudah lebih flexible.

Dengan Menekan Tombol Share di Dualsense, akan Muncul Media Capture, Seperti PS4 tapi jauh lebih Optimal. disini game tetap dapat berjalan dengan lancar bahkan bisa digerakkan.

PS4 Claim Screenshot dapat capture Screenshot hingga Resolusi 4K

Kami juga menemukan bahwa optimalisasi Screenshot juga sangat membantu gamer. Di PS4 kadang tidak tau apalah kamu sudah Screenshot atau belum, terkadang terdapat delay juga. jika kamu memilih membuka Capture Tray, itupun jgua kadang mengganggu gameplay. dengan hal ini kita punya kontrol yang lebih bebas pada media Capturenya.

PS5 Main Menu.

Untuk Main Menu di Playstation 5, Kami bisa sebut lenih Minimalis dan lebih Simpel.

Layout dari Menunya Mirip dengan Playstation 4, tapi Iconnya Diperkecil jadi seperti Playstation 3 UI. Pada MAin Menu ini terdapat 2 Tab yaotu Games dan media.

Nah Masing Masing game mempunmyai Aktifitas Feed atau Hub tersediri jika kamu pencet tombol Bawah di D-Pad, seperti PS4. di Hub ini kamu bisa melihat Aktifitas teman mu yang main game tersebut, news dari developer, progress game mu dan juga Achievement.

Sony juga mengatakan bahwa Playstation Store lebih Optimal DI SP5. kamu dapat mengakses emua game yang tersedia untuk PS5 dan juga game PS4 yang backward Compability oleh PS5. Sweet.

Minimalis dan lebih simpel memang bagus, tapi menurut kami UI mai  menu Di PS5 tidak lah spesial.tidak terlalu menunjukkan Sisi “Gaming” malah lebih ke Multimedia Hub atau sebagainya. cuman jika Sony memilih unntuk lebih simpel, jujur UI di Main menunya tidak Buruk. cuman tidak sesuai ekspetasi kami.

Menurut Kami Dengan User Interface PS5

User Interface Untuk playstation 5 Menurut kami adalah Versi “enchaced” dari Playstation 4. Perubahan dan Improvisasi besar adalah Optimalisasi Antara Menu/Control Center dengan Aplikasi yang sedang dimjalankan.

Jika dilihat dari Video tersebuyt tampak Transisi menu dan notification itu Smooth dan lancar. Kami mengalami beberapa masalah di PS4 yang tampaknya Sudah di Perbaiki di Playstation 5.

Fitur Cards Pada Control Center itu Briliant. Kalian bisa melihat Informasi apapun mengenai game dan juga Sosial kalian hanya menggunakan Control Center.

Mungkin untuk main menu memang terlihat Biasa aja, Simpel tanpa ada gaya gaya “Gamer” didalamnya. tampak seperti Main menu pada multimedia hardware dan kalo mau di lait lait lagi UI di main menu kaya UI PS4 dan PS3 di Mix.

Mungkin tidak sesuai ekspetasi kami, tapi Simple seperti itu tidak jadi masalah karena karena memang zaman sekarang orang lebih suka Simpel dan minimalis. dan Kami tetap bilang bahwa User Interface apda Playstation 5 itu keren banget.

Baca Juga Artikel mengenai Playstation 5 Lain Dibawah ini!

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + 6 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami