SmartphoneTechnology Info

berikut Fitur Fitur Terbaru Android 11

Android 11 Meluncur 8 September 2020.  Dan Android 11 adalah Pelucuran Versi terbaru pertama kali tanpa menggunakan nama Makanan penutup. Nah udah ga semenarik dulu dulu cuman updatean terbaru OS ini masih menarik loh!

Terutama dalah Fitur Fitur terbaru yang ditawarkan oleh Android 11. Yang baru beli HP baru kemungkinan besar sudah mendapatkan Android 11 Atau langsung mendapatkan Update ke versi ini, kira kira fitunya apa aja yang baru?

Mungkin kamu pengguna Hp mahal bakal bilang “ah elah dulu juga ada di hp gue” tapi biarkan lah hp yang Mid atau Pas pasan Punya fiturnya ya ga?

Media Control

Biasanya kalo kamu dengerin musik atau lagi buka video, pasti terdapat tombol Media di Notification mu? Nah untuk Android 11, Sekarang Media Control tertanam langsung di Quick Setting dimana terdapat tombol tombol wifi bluetooth dsb.

Media control pada dasarnya bukan notifikasi jadi google pindahin dari Notif ke Quick Setting. Dan kamu bisa mengkontrol beberapa media dengan cara Swipe app medianya. Mantap kan

Sumber Gambar: Android Authority

Conversation Notification

nah pada Tray Notification pasti kan banyak banget tuh ya apalagi kalo kamu ga suka sering cek atau kadang kamu download game game terentu trus kamu di kasih notif mulu sampe akhirnya males cek…. eh kelewatan kalo ada doi yang kamu suka ngechat kamu sudah berhari hari.

Nah DI android 11, Notif akan di List secara Priotias, misalkan Untuk App Chat, notifnya akan dipisahin dan di letakan dibagian atas Notif tray. Ada 3 Katagori yaitu Conversation, Alerting dan silent. Conversation itu ya Apliaksi Komunikasi apapun seperti Line, Whatsapp, FB Messenger, dan termasuk juga DMnya Instagram.

Sumber Gambar: Android Authority

History Notification

Nah misalkan hpmu kebanyakan Notif trus kamu main Delete delete aja trus sadar kalo ada Notif yang Tampaknya penting tapi udah terlanjur Kedelete?

Di Android 11, terdapat fitur yang bernama History Notification. Tentu saja ini bisa dipilih mau di Nyalaina tau ngga. kalo kamu nyalaiin, kamu dapat melihat notif yang sudah kamu hapus dan double cek kalo ada notif yang penting.

Sumber Gambar: Android Authority

Screen Recorder

yaaa mungkin sudah banyak Hp yang sudah terinstall Screen Recorder dari OSnya masing masing bahkan untuk HP yang Entry level juga. Cuman baru kali ini google membangun screen recorder secara Default di Android.

Screen Recorder bisa kamu akses di Quick Setting dan tinggal tap saja. dan kamu bisa setting mana yang harus di record mana yang tidak perlu direcord. Sama seperti app Recording lainnya

Chat Bubble

Ini juga fitur yang udah lama, apalagi kalo kamu menggunakan Facebook Messenger. terdapat Chat bubble yang bisa kamu akses dengan cepat.

Tapi waktu itu google ngga memprioritaskan Fitur tersebut, sedangkan untuk kali ini, Chat bubble sudah lebih optimal. kamu bisa memasangkan aplikasi chat apapun ke Chat bubble ini, tidak harus Facebook.

Sumber Gambar: Android Authority

kamu juga bisa mensetting sedemikian rupa Chat bubble ini jika dikiranya mengganggu kerja hpmu. jadi fitur ini sangat handy banget

BACA JUGA

Smart Device Controls

Yak lagi lagi sudah terdapat Aplikasi Google Home untuk fitur ini. tapi Google kali ini menanamkannya langsung ke android agar memudahkan kamu mengekontrol perangkat pintar mu.

Tinggal mengkoneksikan Smart Device mu ke HP mu, Android 11 bisa langsung mengkontrol apapun secara langsung.

Kontrol lebih di “Permission”

Kamu sering kan lohat Permission pada saat kamu buka APP atau game. disini android double cek kalo kamu mengizinkan app ini mengakses beberapa fitur di hp mu seperti kamera, Storage dan sebagainya.

nah di android 11, terdapat kontrol lebih, misalkan App A boleh menggunakan FItur di HP Sekali saja, atau boleh emnggunakan pada saat digunakan saja atau sebagainya, jadi mempunyai kontrol lebih.

Dark Theme Scheduling.

Disini yang suka gonta ganti Dark sama Light mode. Di Android 11 bisa dijadwalkan loh. Jadi misalkan kalo dipagi hari secara otomatis HP mu Akan mematikan Dark mode. jika Malam, secara otomatis berubah ke Dark Mode. atau sebaliknya

Voice Access jadi lebih akurat.

bagi yang mager nyari nyari, bisa juga minta cariin ke Voice Access seperti Google Assistant. KAdang suka ngga akurat bahkan kamu ngomong apa keluarnya apa.

Android 11 Voice Access jadi lebih “Sadar Konteks”. Jadi apa yang kamu Maksud, Lanfgsung dimengerti sama Vocie Access. Misalkan (Dalam bahasa inggris) “Buka Twitter, Buat tweet”, Nah HP bosa mengerti kalo kamu mau buka twitter trus langsung mau ngebuat tweeet.

Itu Dia Bebrapa Fitur Android 11 Untuk konsumen. Makin canggih ya Android dan semakin banyak fitur fitur Handy yang built in di OSnya.

Sumber Gambar dan Ref: Android Autority

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + eighteen =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami