Tech Tips n Tricks

Berikut Cara Membersihkan dan Mengatasi Hard Disk/SSD Yang Penuh di Komputer

Di sini mungkin banyak yang engga sadar kalau saat komputer mendadak lemot, eh pas dicek ternyata Hard Disknya sudah penuh karena mungkin kita ga sadar sudah download apa aja di internet. Banyak dari kita yang langsung menggunakan software “cleaner” yang ada di internet. Tapi tunggu dulu, bukannya software tersebut malah bikin berat komputermu? Nah, kita punya tips lain nih untuk membersihkan dan mengatasi Hard Disk/SSD yang penuh di komputer.

Hard Disk yang penuh biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Pertama, kamu tidak sadar file apa aja yang kamu download dari internet. Kamu lupa menghapus file yang telah dicopy. Kerjaan kamu menghasilkan “cache” agar komputermu bisa proses lebih cepat ke depannya, ataupun ada beberapa aktifitas yang tertunda sehingga file tersebut nyangkut di “Temporary Folder”.

Untuk mengatasi hal-hal yang ribet seperti cek satu satu foldernya, kita punya “tips n trick” untuk membersihkan dan mengatasi Hard Disk/SSD yang penuh di komputer. Berikut tipsnya:

Berikut Cara Membersihkan dan Mengatasi Hard Disk/SSD Yang Penuh di Komputer

A. Install Program WinDirStat dan Scanning Hard Disk

  1. Buka website Ninite.com.
  2. Lalu cari di bagian “Utilites”, pilih “WinDirStat”.
  3. Klik “Get Ninite”.
  4. Install programnya.
  5. Setelah selesai, buka program “WinDirStat”.
  6. Setelah membuka “WinDirStat”, pilih Hard Disk/SSD/Flash Disk/Memory yang ingin kamu scan, lalu klik “Ok”.
  7. Klik OK.
  8. Biarkan dia scan sampai selesai.

B. Membersihkan Hard Disk/SSD/Flash Disk/Memory

  1. Setelah scan, kamu bisa klik “Clean Up”, lalu klik “Empty Recycle Bin”. Ini untuk menghilangkan semua file yang ada di “Recycle Bin”. Kalau kamu ragu, kamu bisa cek kembali file yang ingin kamu “Restore”. Kalau tidak ada, kamu bisa klik tombol tersebut atau “Delete All File” di “Recycle Bin”nya langsung.
  2. Kamu akan diberikan penggambaran seperti kotak-kotak di bagian bawah. Di sini kamu diperlihatkan file-file yang menggunakan ruang/space Hard Disk yang terlalu besar.

    Jika kotaknya besar, maka filenya besar banget. Kamu bisa cek file tersebut satu-satu di bagian kotak yang besar. Jika file tersebut menurut kamu sudah tidak diterpakai, kamu bisa langsung klik kiri, kalu klik kanan di bagian file dan DELETE (No Way to Undelete)”(Jangan ke “Recycle Bin”).

  3. Selain itu, kamu juga bisa cek di bagian kanan, kira-kira tipe file apa saja yang menggunakan space terbanyak.
  4. Setelah mengetahui tipe file, kamu bisa langsung ke kotak bagian kiri yaitu daftar file yang discan.
  5. Di sini terdapat semacam bar yang memperlihatkan berapa persen file tersebut menggunakan space Hard Disk. Kamu bisa memulai dari bar yang paling panjang.
  6. Di sini kamu hanya tingga cari dan verifikasi file yang menurut kamu penting atau sebaliknya. Jika tidak penting, maka bisa kamu hapus langsung.
  7. Jadi hanya perhatikan persen, bar dan juga nama file.

Itu dia tips cara membersihkan dan mengatasi Hard Disk/SSD yang penuh di komputer.

Gimana Noobs, apakah tips ini bermanfaat buat kalian? Dan jika kalian punya tips lain, bole la berbagi di kolom komentar.

Baca Juga

Beli SSD Dengan DRAM Cache!

Rekomendasi dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × 2 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami