Gaming InfoTips n Trick

Berapa Banyak RAM Yang Dibutuhkan di Tahun 2020? – Tips Memilih RAM PC Untuk Gaming

Tahun 2020 ini kita sudah mendengar beberapa komponen computer yang sudah datang dan yang akan datang. Seperti Processor AMD Ryzen Generasi keempat, Intel Generasi 10 dan sebagainya. Lalu dari sisi software di 2020 juga sudah beredar software yang membutuhkan spesifikasi yang lebih “berat” dibanding versi sebelumnya. Termasuk video game yang semakin hari semakin berat. Kita kira bagi orang yang ingij rakit PC, Kita tuh butuh berapa sih RAM yang harus terinstall di Komputer? 8 GB kah? 16 GB kah? Trus kecepatan Mhz itu perlu ga sih di liat? Apa cari yang paling murah aja? Nah disini kita akan bahas Berapa Banyak RAM Yang Dibutuhkan di Tahun 2020 dan Tips memilih Ram untuk masing masing kebutuhan terutama Untuk gaming)

Sebelum kita masuk ke seberapa Besar Gigabyte dan Mhz yang dibutuhkan,kita harus tau dulu dari RAM tersebut

RAM DDR DIMM/SO-DIMM

RAM (Randrom Access Memory) merupakan komponen komputer berupa Memory yang dapat membaca dan diganti. RAM ini isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tanpa harus memperdulikan letak data. Memory ini hanya sebagai tempat penyimpanan sementara agar CPU dapat memproses data secara cepat.

Jadi Cara Kerja RAM ini dimana Data yang akan diproses terlebih dahulu masuk kedalam RAM, setelah data data calon diproses ini masuk kedalam RAM, Prosessor akan mulai Memproses data tersebut. RAM Ini jauh lebih cepat dibanding HDD dan SSD jadi Prosessor tidak mengalami “Bottleneck” pada saat memproses suatu data. Tanpa RAM, Prosessan data akan lebih lambat.

DDR yaitu Double Data Rate merupakan  intergrasi sirkuit yang digunakan didalam Komputer. DDR ini mempunyai Transfer Rate yang lebih cepat dengan menggunakan timing dari data elektrik dan sinyal clock. RAM DDR ini akan mendouble Speed pada RAM, misalkan jika RAM 2666 Mhz, Maka yang akan muncul di Komputer adalah 1333 Mhz, tetapi 1333 Mhz itu akan didouble dan RAM akan berjalan di 1333×2 Mhz.

Jadi Kalau kamu Ram 2666 Mhz tapi yang keluar di Komputer adalah 1333 Mhz, tenang saja RAM tetap menggunakan 2666 Mhz dengan 1333x2Mhz.

DIMM

DIMM yaitu Dual in line Memory adalah tipe Dari memory komputer. DIMM ini adalah Papan sirkuit kecil (PCB) yang ditempelkan dengan Chip Memory. DIMM mempunyai 288 Pin (DDR4) dan biasanya di install pada Dekstop PC. (E-ATX,ATX,m-ATX Motherboard)

So-DIMM

SO-DIMM atau Small outline Dual in-line Memory merupakan Tipe dari memory Komputer, SO-DIMM ini adalah versi “kecil” dari DIMM, Hany saja So-DIMM mempunyai Bentuk visual berbeda yakni mempunyai 260 Pin saja (DDR4) RAM ini biasanya digunakan pada Laptop dan Motherboard dengan Bentuk yang Sangat kecil (Mini ITX Motherboard).

Apakah Kecepatan RAM Ngaruh banget kepada Perfoma PC?

RAM mempunyai kecepatan clock, Untuk DDR 4 terdapat kecepatan dari 2133 Mhz sampai 4133 Mhz.  Kecepatan clock ini berpengaruh kepada kecepatan Proses Read and Write pada RAM. Semakin cepat akan semakin bagus. Tapi kira kira berpengaruh ga? Soalnya kan semakin tinggi kecepatannya semakin mahal harganya?

Well, tergantung. Kecepatan clock pada MHZ bisa jadi Berpengaruh bisa jadi ngga. Tergantung kepada CPU dan Motherboard yang digunakan. Banyak model CPU yang perfomanya bervariasi tergantung RAM ada juga yang tidak berpengaruh sama sekali. Perfoma di CPU Intel/AMD yang high-end akan berpengaruh pada RAM dengan clock tinggi. Bagi yang middle-End terkadang Berpengaruh hanya sedikit sekali atau bahkan tidak berpengaruh sama sekali.

Jadi, Clock Speed RAM bisa saja berpengaruh pada aplikasi yang spesifik, tapi apa iya harus ngeluarin kocek lebih mahal untuk peningkatan yang tidak signifikan?

Apakah Ukuran Gigabyte Ram Berpengaruh kepada Perfoma PC

Ukuran Gigabyte sangat berpengaruh tergantung apa yang akan kamu lakukan kepada Komputer mu. Laptop Low-End yang dijual kebanyakan telah dipasang RAM sebesar 4GB karena tujuan dari laptop ini hanya sebatas untuk pekerjaan ringan, Laptop Middle-End dipasang 8GB karena tujuan dari laptopi ni adalah pekerjaan sedang dan Gaming ringan. Laptop High-end dipasang 16GB karena Laptop ini dapat melakukan pekerjaan berat seperti Rendering Video dengan resolusi tinggi, Streaming dan gaming berat.

Bagaimana dengan PC Desktop? Ya sama aja, Tergantung tujuan kamu dalam menggunakan PC tersebut. Karena memang RAM PC desktop dan Ram PC laptop tidak ada perbedaan signifikan

Jangan memaksakan pekerjaan berat dengan RAM yang kecil, karena PC tidak dapat mengejar pekerjaan tersebut dikarenakan PC harus “mengganti” Data dari HDD/SDD ke RAM secara terus menerus, akhirnya Pemrosessan data jadi lebih lambat. Kasus parah karena kekurangan RAM dapat membuat aplikasi menjadi stop atau tidak dapat bekerja.

Pada Gaming Pun juga demikian, Jika Minimum System Requirement nya 8GB dan kamu hanya menggunakan RAM 4GB, Maka Bisa jadi Game tersebut tidak berjalan atau bisa berjalan tetapi dengan FPS yang sangat rendah. Kami Serius dengan kata “sangat Rendah”, game cuman bisa berjalan pada 1-5 FPS jika RAM terlalu kecil untuk game tersebut

Jadi Berapa Kecepatan Clock yang diperlukan di 2020?

Kami telah menyinggung bahwa kecepatan clock RAM yang tinggi belum tentu dapat meningkatkan perfoma PC dan juga Gaming pada benchmark spesifik. Maka Yang harus dilakukan adalah Membaca Spesifikasi dari CPU dan Motherboard yang kamu punya.

Jika CPU dan Motherboard hanya didesain untuk berjalan pada 3000Mhz, maka RAM yang dibeli cukup 3000Mhz, mungkin kalau kamu membeli diatas 3000Mhz akan ada peningkatan, tapi angkanya sangat kecil, tidak Worth it kalau kamu membeli RAM yang harganya lebih mahal tapi perfomanya tidak menunjukan peningkatan yang signifikan

Untuk kasus Gaming, Memang ada Game yang mengambil keuntungan FPS jika RAM clock lebih tinggi, tapi angkanya itu kecil. Jadi tergantung kepada Komponen dan Budget yang kamu punya

Maka untuk Clock Speed RAM, harus di perhatikan spesifikasi CPU dan Motherboard mu dan juga Budget yang kamu punya, Jika kamu punya budget lebih dan ingin banget peningkatan perfoma yang tidak terlalu signifikan, silahkan saja. Tapi kalau budget yang terbatas, silahkan disesuaikan dengan komponennya.

Berapa Besar RAM Yang Dibutuhkan di Tahun 2020?

Berapa GB RAM Yang Dibutuhkan di Tahun 2020 ini? Kami akan bagi 3 Bagian. Yaitu Pemakaian biasa, Gaming dan Heavy Work

Pemakaian Biasa

Untuk tahun 2020, Kamu Wajib mempunyai RAM sebesar 8GB, Walaupun yang kamu lakukan hanya Web Browsing, membuka email, Mengerjakan Office biasa dan sebagainya.

Kenapa harus 8GB? RAM 8 GB sudah sangat cukup untuk multitasking skala Ringan. Lalu aplikasi yang baru baru ini akan mengambil keuntungan lebih kepada perfoma jika RAM mu 8GB. Dan Web Browser seperti Google Chrome akan senang hati meningkatkan perfomanya jika kamu punya RAM sebesar 8GB. Sebagaimana yang kita tau Google Chrome bisa cepat karena menggunakan RAM yang cukup banyak.

Gaming

Nah ini dia Topik Utama Kita. Berapa Banyak RAM yang dibutuhkan Untuk Gaming ditahun 2020? sebenarnya RAM 8GB sudah cukup. Jika dilihat Spesifikasi Minimum game zaman sekarang menulis bahwa RAM 8GB sudah cukup untuk “menjalankan” Game tersebut, walaupun sebenernya TIdak terlalu akurat Spesifkasi minimum game tersebut, cuman untuk Gaming pada Settingan Low atau game yang bserkala ringan, RAM 8 GB sudah sangat cukup

Nah Tapi bagi kamu yang ingin bermain Game dengan Settingan High, Bermain AAA game 2020 yang baru rilis ditambah dengan Live Streaming. Ram 16GB sudah lebih dari cukup. Memang mungkin Spesifikasi Rekomendasi game di 2020 kebanyakan 16GB, tapi ingat karena Spesifikasi Game tidak terlalu akurat dan tidak semua game yang benar benar menggunakan Ram sampai 16GB. Game paling hanya menggunakan RAM dari 8GB hingga 12GB. Ada Sisa Ruang untuk kamu menjalanakan Program lain misalkan Aplikasi Live Streaming atau komunikasi.

RAM 32 GB untuk Gaming itu tidak diperlukan dan saat ini hanya membuang uang saja. Oleh karena itu 16GB adalah Rekomendasi Kami jika kamu menggunakan PC mu untuk Gaming.

Heavy Work

RAM 16GB sebenernya juga cukup untuk Heavy Work, hanya saja terkadang agar perfoma lebih cepat dan juga agar PC mu dapat digunakan pada saat pemrosessan pekerjaan tersebut, RAM 32GB adalah rekomendasi.

RAM 32 mungkin Overkill, tapi RAM sebesar ini cocok bagi kamu yang bekerja sebagai content creator atau menggunakan komputer secara berat, misalkan mengedit Video 4K/8K sekalian Mengedit Foto resolusi tinggi secara bersamaan. Lalu Modeling karakter dan sebagainya.

RAM 32GB ini juga membantu kamu menggunakan PC mu secara bebas pada saat kamu menunggu PC mu juga sedang merender atau Memproses pekerjaan berat tadi.

Maka Rekap Tips Dalam memilih RAM

  1. Lihat terlebih dahulu Spesifikasi Komponen CPU dan Motherboard mu, Berapa desain Tipe dan kecepatan RAM yang diperlukan.
  2. Lalu tentukan pekerjaan yang ingin dilakukan. Jika untuk Gaming, Maka RAM 16GB adalah Spot terbaik
  3. Perhatikan Slot RAM mu, Untuk PC desktop biasanya menggunakan RAM DIMM sedangkan Laptop menggunakan SO-DIMM
  4. Usahakan Memilih RAM dengan merek dan tipe yang sama agar tidak ada gangguan Kompabilitas.
  5. Yang membeli RAM lebih dari dua untuk Dual Channel, Maka Ram tersebut harus mempunyai Timing  dan Kecepatan yang sama. maka dari itu harus Milih Ram dengan Merek dan Tipe yang sama. Untuk Ukuran harus sepasang, misalkan 8×2, 2×2, 4×2 dan sebagainya. (Fyi: yang ingin install 4 RAM, Diperbolehkan menginstall dengan 8×2 dan 4×2 total 24GB. tetapi Tipe,Merek dan kecepatan harus sama percis.

Keterangan:

  • PC akan menyesuaikan Clock Speed kepada RAM terendah, Misalkan, Terdapat 2 RAM, yang satu 2133 Mhz dan 2400 Mhz, maka otomatis RAM dengan clock speed tinggi akan disesuaikan kepada 2133Mhz.
  • Memilih RAM lebih dari dua harus dengan merek dan tipe yang sama, Jika Berbeda maka akan menyebabkan masalah kompabilitas, karena Timing dari satu RAM bisa jadi berbeda kepada RAM yang lain.

VRAM (Video Random Access memory)

VRAM merupakan RAM yang terdapat pada Graphics Card Kalian. VRAM sebenernya fungsinya sama dengan RAM, hanya saja VRAM dikhususkan untuk Data berupa Video dan Grafik dimana Graphics Processor Unit (GPU) Kalian yang memproses data pada VRAM tersebut.

Biasanya VRAM yang GPU gunakan Tipe GDDR, dimana didesain untuk pemorsessan grafis. Beda dengan DDR pada RAM CPU, VRAM sekarang menggunakan GDDR5 dan GDDR6, yang dimana logikanya perfoma jauh lebih cepat dibanding DDR 4 dan DDR5 dimasa depan. Tetapi sebenarnya GDDR RAM GPU ini kurang lebih sama dengan DDR RAM CPU, perbedaanya adalah Fungsi dari RAM tersebut. VRAM GDDR didesain khusus untuk Pemorsessan Grafis.

Berapa Banyak VRAM yang diperlukan di 2020?

Untuk VRAM, tergantung seberapa besar grafis yang akan di proses dalam satu waktu. Untuk Gaming, Jika kamu hanya menggunakan settingan resolusi 1080p (1920×1080) maka VRAM 4GB sudah cukup, tetapi jika diatas itu misalkan 1440p (2560×1440),4k (3840×2160) atau penggunaan Super Sampling Anti Aliasing (Kamu bisa mempelajari Anti-Aliasing disini). Maka VRAM ahrus lebih dari 4 GB karena grafis yang akan diproses jauh lebih besar dan lebih banyak.

Hal ini juga berlaku pada editing Video, semakin besar resolusi video yang kamu ingin edit, maka semakin besar VRAM yang dibutuhkan.

Maka Tips Memilih VRAM yaitu

  1. Perhatikan Data Grafis yang ingin kamu olah, Apakah Resolusinya besar?
  2. Perhatikan GPU yang kamu beli, Jika Clocknya kuat dengan Grafis yang ingin diproses (Misalkan Gaming Berat) maka VRAM besar pun bisa digunakan dengan potensi penuh.

Itu Dia Tips Memilih RAM tahun 2020, Kita sudah mengetahui Apa itu RAM, Lalu seberapa cepat kecepatan RAM yang diperlukan dan seberapa besar RAM Yang Dibutuhkan di Tahun 2020. Ditambah dengan Perbedaan VRAM dengan RAM dan tips memilihh VRAM untuk tahun 2020

 

Sumber: RAM,DDR,DIMM,SO-DIMM

Tags

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × two =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami