Gaming InfoTips n Trick

Apakah Ray Tracing itu? Worth it kah?

RTX ON! WOAH RAY TRACING COY!. LEBIH BEAUTIPUL….itu kan kata orang orang “PC Master Race”. Tapi walaupun gitu Ray Tracing yang ada pada graphics Card GeForce RTX itu kan menggunakan “Cores” tersendiri dan banyak benchmark yang menunjukan bahwa FPS yang didapatkan jadi lebih rendah… waduh jadi Ray Tracing itu Worth it Ga sih?

nah kita akan bahas dulu Dari Ray Tracing, Lalu Contoh Visual Ray Tracing Plus Perfoma yang didapatkan.

Ray Tracing

Ray Tracing merupakan teknis Render untuk menghasilkan gambar dengan menelusuri jalur cahaya sebagai piksel dalam bidang gambar dan mensimulasikan efek pertemuannya dengan objek. Simpelnya Ray Tracing ini mensimulasikan jalur cahaya dari Sumber cahaya ke Objek

Ray Tracing ini merupakan inovasi yang bagus dikalangan developer karena grafis pada suatu gambar menjadi lebih realistis. Ray Tracing untuk game diimplementasikan dari Cahaya (light), Bayangan (Shadow), Refleksi (Reflection) dan unsur pencahayaan lainnya)

Kami tidak akan menjelaskan Lebih detail bagaimana Ray Tracing bekerja karena banyak sekali matematika dan Logika yang harus dibahas, kalian bisa baca selengkapnya di Situs Resmi Nvidia. tetapi dari kesimpulan dari mekanisme Ray Tracing, Grafis yang dihasilkan dari Ray Tracing akan mempunyai Jalur cahaya yang lebih nyata, lalu cahaya tersebut mempunyai Pantulan cahaya dari objek seperti halnya jika kalian melihat Ujung ruangan kalian dan kalian melihat remang remang cahaya di tembok. yak itu yang ingin diimplementasikan developer.

Dengan Ray tracing, Pencahayaan dengan objek akan menjadi realistis dan timbul dengan sendirinya. misalkan Objek tidak akan terlihat melayang karena tidak masuk ke render. gerakan bayangan akan lebih mulus. Pantulan cahaya dari objek akan terlihat realitis. Refleksi akan lebih memukau. dan sebagainya.

tetapi dari Visual yang memukau itu,ada satu yang harus dikorbankan, yaitu Perfoma. Jika kalian menyalakan Fitur Ray Tracing, GPU akan bekerja lebih berat dan otomatis perfoma (FPS) kalian akan turun, apalagi jika kalian menggunakan Entry Level GPU RTX seperti RTX 2060, maka perfoma akan lebih rendah dibanding GPU RTX Sultan.

Contoh Game Dengan Ray Tracing.

Dari beberapa game dengan fitur ray traing, kai bagi beberapa game dengan implementasi masing masing. Berikut game gamenya:

Shadow Of The Tomb Raider (Ray Tracing Shadow dan Light)

RTX OFF

RTX ON

Yak Shadow Of The Tomb Raider merupakan game yang mempunyai Update Fitur Ray Tracing. Untuk Game ini Settingan “Shadow” mendapatkan fitur Ray Tracing. Disini bisa Kita Lihat bahwa jika Ray Tracing dinyalakan maka Pencahayaan dan Bayangan jauh lebih Realistis dan natural.

Gambar diatas pada RTX OFF terlihat bahwa bayangan di render tepat pada bagian belakang kayu, sedangkan RTX ON terlihat bayangan mengikuti Sumber cahaya yaitu Api. lalu pada RTX ON juga bisa diliaht perbedaan pencahayaan di sekitar tanah. kita bisa lihat “jalur cahaya” dari Sumber cahaya ke Objek (tanah)

RTX OFF

RTX ON

Nah berikut area hutan, kita bisa lihat pada RTX ON Bayangan jadi lebih natural, mengikuti Cahaya dari atas menuju pepohonan yang cukup tinggi dan menciptakan bayangan lebih “halus”. seperti Dunia nyata, kalau semakin tinggi pohon maka bayangan dibayahnya semakin tidak berbentuk.

Lalu untuk Pencahayaan, pada RTX On kita bisa lihat pantulan Cahaya pada punggung Lara. kita bisa mengetahui bahwa terdapat sumber cahaya (Api) di belakang lara. dan untuk RTX OFF kita hampir tidak melihat pantulan cahaya.

Walau seperti itu, Di Game ini Implementasi Ray Tracing tidak terlalu banyak, hanya di beberapa scenery saja. Jika kamu sedang di scene yang cepat, Ramai ataupun gelap, Ray Tracing tidak diimplementasikan. Shadow of thee tomb raider mempunyai 3 Settingan Ray Tracing yaitu Medium (Cahaya Saja), High (Cahaya dan Shadow) dan Ultra (Cahaya+Shadow diolesi tambahan refleksi sedikit)

Battlefied V (Ray Tracing Reflection dan Light)

RTX ON “low”

RTX ON “Ultra”

Yak Untuk battlefied 5, Game ini lebih fokus kepada Lightning dan Reflection. Untuk RTX OFF simpel saja Refleksi pada “Senjata” di RTX ON Low itu tidak ada.  tapi jika dibandingkan, memang terdapat Perbedaan yang signifikan dan kalian sendiri bisa melihat perbedaannya.

tapi kami sendiri tidak merekomendasikan RTX ON pada game ini apalagi jika kalian menggunakan RTX Card yang Entry level seperti RTX 2060 Mobile, RTX 2060 Desktop dan RTX 2070 Mobile. karena akan mengganggu keakuratan akurasi kalian jika FPS Drop.

Quake II RTX (Gambaran dari Semua Fitur Ray Tracing)

 

untuk quake 2 sebenernya salah satu game “Demo” untuk fitur Ray Tracing. Quake 2 ini game jadul yang dipoles oleh rendering Ray Tracing. yang diubah disini adalah pencahayaan, Shadow, Reflection, sebagainya. Game ini jadi seperti game yang sangat berbeda padahal yang diubah adalah teknik renderingnya saja. dari gameplay dan asset kurang lebih.

BACA JUGA

Control (Ray Tracing Reflection, Shadow, Lightning, Transparent, Debris)

RTX OFF

RTX ON

Ya untuk Control bisa kita lihat memang tidakk terlalu terlihat perbedaan jika sekilas,walaupun Settingan Ray Tracing pada Game ini cukup beragam, dari Reflection, Lightning, Shadow dan sebagainya. tapi kalau dilihat kebih detial memang pencahyaan dan bayangan lebih realistis, kalian bisa lihat “Meja yang jatuh didekat Rak Arsip.

Metro Exodus (Ray Tracing Shadow)

RTX OFF

RTX ON

Yak lagi lagi salah satu game yang tidak terlalu terliaht Ray Tracingnya. Tapi kalau lebih detail memang yang RTX ON pencahayaannya lebih alami. tapi memang tidak terlalu terliaht bahkan kami menyarankan untuk mematikan Fitur RTX karena memberatkan GPU kalian tetapi Visual tidak terlalu terlihat seklias

Kesimpulan. Worth it kah? harus beli GPU RTX sekarang kah?

Yak, jadi Fitur Ray Tracing ini Worth it kagak sih? apakah harus banget beli GPU Nvidia RTX? well, dari ide Ray Tracing itu sendiri merupakan sebuah inovasi. Lalu secara visual memang memberikan dampak yang lumayan besar. terutama dari Pencahayaan, karena Pencahyaan merupakan unsur paling penting dalam grafis visual game selama dekade ini.

Kembali kepada Developer yang membuat game, jika Developer bisa memberikan fitur Ray Tracing yang lebih optimal, maka Hasil visualnya akan lebih baik. Dan karena Konsol Next Gen pun akan mengimplementasikan Teknik Render Ray Tracing, maka kemungkinan besar game dimasa depan Ray Tracing adalah settingan yang harus ada.

Maka jawabannya adalah. Ray Tracing itu Worth it! harus membeli GPU RTX sekarang? well, untuk “Sekarang” atau 2020-2021 kemungkinan Kamu tidak harus membeli GPU RTX, karena Ray Tracing memang masih dikembangkan dan menjadi “Early Access” di dunia industry Gaming, jika berhasil diimplementasikan lebih optimal maka otomatis Semua GPU akan mempunyai Fitur Ray Tracing.

Jika kamu penasaran dan punya Budget untuk beli GPU RTX, kalian bisa menjadi “tester” nya dan berikan feedback ke developer dan manufaktur yang kalian sukai.

 

Ref: Nvidia

Tags

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + 19 =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami