Gaming OpiniRemember ReviewReview Sir!

Apakah PS Vita Worth It di 2019 ?

 

Halo guys !? pada tulisan kali ini penulis hendak menlakukan review seklaigus analisa terhadap console mobile miliki Sony devisi PlayStation yaitu PS Vita. Mungkin beberapa dari  para pembaca udah pada tau tentang Ps Vita dan mungkin juga belum.

Mungkin bagi yang belum kayaknya wajar soalnya PsVita ini emang udah cukup lama keluarnya, dirilis di Electronic Entertainment Expo (E3) di Los Angeles, California, America Serikat pada 6 juni 2011.

Sehingga kurang lebih udah ada 8 tahunan ini console mobile beredar di seluruh dunia. Maka dari itu penulis akan mengganalisa apakah masih worth it membeli PS Vita di tahun 2019.

Sebelum itu penulis ingin menjelaskan di awal bahwa PS Vita ini ada 2 tipe yaitu PS Vita Fat (1000 Series) dan Ps Vita Slim (2000 Series) tapi penulis enggak ngomongin konsolenya melainkan system, games dan aksesbilits kita ketika ngegames.

Apa itu PS Vita ?

Kalau kata Wikipedia PSVita adalah konsol permainan video game yang diluncurkan oleh Sony computer Entertainment setelah meraih kesukesesan oleh Playstation Portable generasai pertama.

menurut penulis pribadi PSVita itu adalah Console Mobile yang bisa dimainin kemana aja. PSVita ini muncul karena lanjutan dari penerus dari kakaknya yaitu PlayStation Portable, pasti kalian udah pada tau kan PSP dulu lakunya gimana ?

dan juga kalau udah punya PSP itu udah seperti kayak kebanggan sendiri gitu buat mamerin ke temen temen sekolah. akhirnya karena sony melihat peluang tersebut maka dia menciptakan PSVita sebagai penerus PSP.

Apa Bedanya PSP dengan PS Vita ?

Perbedaan dari psp ke PSVita menurut penulis sangat signifikan sekali, berikut ini beberapa perbedaanya :

Analog

yang pertama dari segi analognya kalau Psp hanya memiliki satu analog akan tetapi kalau PSVita ini memiliki 2 analog kiri kanan sehingga kalau main FPS, Sport, RPG, dan lain lainya itu enak banget kayak main console seperti PS 2, PS 3, dan PS 4.

Tombol (Buttom)

yang kedua dari segi tombol sebenarnya sama saja lengkap kayak PSP Cuma yang jadi beda dimensinya itu agak beda sebab karena PSVita ini gede secara dimensi atau ukuran sehingga tombolnya jadi lebih presisi sama jadi lebih enak di pencet.

Layar atau Display

ketiga dari segi layar bahwasnya kalau untuk mengakses PSP ini menggunakan tombola rah sementara kalau PSVita ini sudah bisa touchscreen. Untuk bentang layer sendiri bahwasnya lebih besar dari PSP begitu juga resolusi hingga 6 kali lipat lebih tajam dibandingkan psp. Yang paling kerenya touchscreen di PSVita ini ada 2 yaitu depan belakang yang disebut dengan touchpad, fungsi dari  touchpad ini bisa sebagai pendukung control di game kalau ada yang support dan juga sebagai R2,R3,L2,L3 di fitur Remote Play Ps 4 (nanti dibahas ya di fitur PSVita).

Design

Yang keempat secara design tentu saja PSVita ini menggunakan Design yang baru serta lebih elegan sebab PSVita ini 80% menggunakan material kaca loh. Tapi sayangnya enggak menggunakan semacam pelindung seperti GorilaGlass karena memang pada saat perilisanya itu belum ada sehingga memang wajar. Tapi bisa dipasang skin kok.

Spesifikasi

yang terkahir yang tak kalah penting yaitu sepesifikasi. Dari segi processor menggunakan ARM Cortex A9, untuk processor sendiri emang kurang terkanal ya perusahaanya “ARM Holdings” tapi jangan salah loh perusahan malahan sudah di berpartisipasi dalam beberapa device yang ada loh contohnya Apple,Exeynos Samsung,mediatek,dll sebelum mereka akhirnya bisa berkemang sendiri.

walaupun begitu tapi tahukah kalian processor itu udah di bekali 4 Core dengan kecepatan hingga 2 Ghz. Ini kalau diibaratkan pake Antutu menurut penulis scorenya udah bisa nyentuh angka 80 hingga 100 Ribuan, soalnya emang processor ini difokuskan ke gaming sehingga ya harus optimal.

Untuk GPU Sendiri menggunakan GPU SGX543MP4 PowerVR yang dimana VGA ini paling powerfull buat gaming mobile bahkan perusahaan ini sebagai distrbusi VGA di Device Iphone yang terkenal dengan device yang paling powerfull. Sehingga secara spesifikasi udah super bangetlah di jaman dulu.

Fitur apa aja yang dimiliki ?

Nonton Film atau Video

Untuk fitur sendiri bahwasnya PSVita ini bisa digunakan untuk memutar Video hingga resolusi 1080 x 1920 60Fps menurut penulis ini adalah resolusi yang cukup baugs untuk tahun ini walaupun memang tidak bisa 4K sebab permasalahan perkembangan teknologi pada waktu itu serta buat apa resolusi 4K untuk nonton video. Dan juga di PSVita sendiri juga bisa memutar Film dengan syarat download resmi di Sony.

Memutarkan Lagu

PSVita ini juga bisa digunakan untuk memutar Musik dan hebatnya lagi kalian bisa main games sembari mendengarkan lagu ke sukaan tanpa heng. Dan juga di PSVita ini memiliki fitur browsing loh mulai dari buka sosial media, Google, youtube dan lain sebagainya serte kebebasan kalian dalam menggakses aplikasi Playstation seperti Massage, Party, Friend, trophies, dan lain sebagainya.

Kamera

yang paling tidak disangka ketika penulis pertama kali membeli  PSVita ini ialah bahwa PSVita ini memiliki Kamera Depan dan belakang dengan resolusi 5 Mp serta bisa mengrecord hanya 480p – 720p. penulis waktu itu sempat berfikir untuk apa Sony mmemasukan kamera di PSVita ? ternyata jawabanya adalah bahwa PSVita ini bisa menggunak AR (Augmented Reality) dan AR ini digunakan untuk bermain games bahkan ada beberapa game yang harus menggunakan AR ataupun sebagaian menggunakan AR.

Hebat tidak ? dijaman dulu AR belum begitu terkenal akan tetapi memang baru dimunculkan sony sekitar 2013 pada Hpnya yaitu Sony Xperia.

Remote Play dengan PS Vita

FITUR YANG TAK KALAH PENTING! Ialah bahwa PSVita ini bisa ginukan untuk Remote Play Playstation 4 loh! Maksud remote play itu apa sih ? Remote Play itu fitur yang digunakan Sony Playstation untuk mengkontrol PS 4 dengan menggunakan PSVita sehingga kalian bisa memainkan games PS 4 di PS Vita kalian loh mau sambal tiduran kek, ditolet dan tempat lain sebagainya. Lalu gimana dengan R2 R3 Nya ? seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa PS Vita ini memiliki touchscreen belakang atau bisa disebut touchpad, nah peran dari touchpad ini sebagai tempat R2 R3. Kalau kurang enak tanggal beli aja case khusus untuk R2 dan R3 sehingga ketika TV kalian lagi dipake sama keluarga dan mau main tanggal hubungin aja remote play ke PS Vita dan main dikamar. Untuk remote play ini bahwasnya juga harus memiliki perangkat pendukung seperti Wifi serta memiliki jarak radius tertentu Cuman kalau wifi kalian sultan mah udah bebas.

Games Ekskulisif  PSVita

Untuk game PSVita ini bahwasnya ada beberapa game Ekskulisf PSVita yang dimana memiliki hubungan cerita dengan games yang ada di PS 4, kenapa ps 4? Sebab tahu kah kalian PSVita ini rilis sebelum PS 4 ini muncul sehingga strategi pemasaran sony menurut penulis cukup hebat karena ketika di pamerkan di E3 2013 sony merilis PS 4 beserta mengjelaskan kedudukan PSVita di PS 4.

Yang salah satunya adalah cerita dari games PS 4 contohnya adalah Uncherted 4 yang ada di PS 4 memiliki hubungan cerita dengan Uncharted Golden Abbyss serta Killzone Shadow Fall yang memiliki kaitanya dengan Kilzone Mercenary. Dan games games tersebut eksklusif hanya untuk PSVita saja.

Sementara untuk games lainya bahwa kalau ada Game Ps 4 yang juga diadaposi ke PSVita loh yang penulis tahu adalah project Diva X, Gravity Rush, Dynasty Warrior 8 Extrame Legend dan masih banyak lagi.

Sehingga kalau kalian enggak mau ribet main di  PS 4 tinggal beli yang Edisi PS Vita aja enggak ribet dan secara story 100% sama dengan yang versi ps 4 nya. Selain game game yang dijelasan tadi bahwasnya juga ada games games yang terkenal seperti FIFA, Need For Speed Most Wanted, Borderland 2, Dynasty Warrior, NBL, MotoGp, dan lain sebagainya.

Untuk updatenya sendiri bahwasnya selama penggamatan penulis ada beberapa games terkenal seperti Call Of Duty, battlefield yang tidak rillis di PSVita menurut penulis hal ini wajar mengingat spesifikasi yang diperlukan cukup tinggi dan device yang terbarupunn seperti Nintendo switch saja masih kerepotan untuk mengakusisi games tersebut. Namun games games PSVita ini masih tetap update kok dan banyak games games seru di Playstation Store.

Kesimpulanya gimana ? Beli apa enggak ya ?

Menurut penulis jika kalian adalah seorang gamers yang memiliki mobilitas yang tinggi seperti ke kampus, kerja, ngedeadline dan lain sebagainya yang secara intinya tidak memiliki kebebasan dalam bermain games akan tetapi tetap ingin ngegames di manapun kapapun serta gamesnya harus seru dengan grafiknya yang lumayan bagus maka penulis mengrekomendasikan PS Vita ini.

Akan tetapi jika kamu seorang gamers yang suka dengan games games besar, kelas berat, grafik yang WOW serta terupdate maka penulis tidak menyarankan untuk membelinya karena mengingat PSVita ini sudah 7 tahun berlalu serta dari pihak Sony belum ada kabar kalau akan ada perilisan device seperti PS Vita next generation.

Akan tetapi jika adalah seorang games yang suka dengan games games yang dirilis oleh Sony di Playstore dan suka menjelajah games games seru menurut penulis maasih worth it. Sehingga kesimpulanya PSVita ini masih layak di tahun 2019  !

 

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + twenty =

Back to top button
Close