SmartphoneTechnology Info

Apakah Membeli iPhone Bekas Worth It?

Apakah membeli iPhone bekas bagus untuk jangka panjang? Nah, pertanyaan ini sering kali ditanyakan oleh para pengguna Android yang mau pindah ke iOS ataupun yang hendak mengganti iPhone-nya.

Maka dari itu, pada artikel ini kami akan membahas tentang hal tersebut berupa kelebihan, kekurangan dan penjelasan lainnya.

Alasan Orang Membeli iPhone Bekas

Kebanyakan orang yang membeli iPhone bekas biasanya untuk bergengsi di hadapan teman-temannya. Hal ini yang tidak didapatkan ketika membeli smartphone lain karena brand Apple sudah melambangkan sebuah kebanggan tersendiri bagi si pembeli.

Namun dikarenakan harga iPhone yang sangat mahal ketika baru dirilis yang bahkan bisa mengalahkan harga motor Beat, membuat para pengguna Iphone baru ini sedikit. Ini juga yang membuat jumlah pengguna iPhone lawas (di bawah 3 generasi dari perilisan iPhone baru) lebih banyak.

Faktor utama orang membeli iPhone bekas dikarenakan harganya yang sudah murah dan bisa dijangkau. Hal tersebut yang membuat iPhone lawas lebih laku ketimbang iPhone baru atau di bawah satu generasinya.

Alasan Kenapa Harga iPhone Lawas Murah ?

Pergerakan generasi smartphone paling lambat satu tahun sudah mengeluarkan versi terbarunya. Contohnya Apple yang merilis iPhone setiap satu tahun sekali. Hal ini membuat generasi di bawahnya akan mengalami penurunan nilai harga akibat perilisan smartphone baru.

Misalnya iPhone X yang saya pernah beli dengan harga 12 juta yang satu generasi di bawah iPhone Xs, langsung merosot ke harga bekas yaitu 3,5 juta per unit per tahun 2022.

Alasan lain kenapa harga iPhone lawas ini murah dikarenakan hardware atau “jeroan” hape tersebut sudah tidak original bawaan pabrik alias sudah dimodifikasi oleh pihak ketiga atau OEM atau KW.

Contoh perbedaan yang sangat signifikan ialah video GadgetIn yang membandingkan layar iPhone yang sudah OLED dengan iPhone lain. Bisa diliat warna hitam yang dibawakan ini tidak pekat sekali atau ada warna putih yang kemungkinan berupa layar yang digunakan IPS atau OLED yang tidak bagus, kata David.

Di satu sisi, juga ada hardware yang penting yaitu baterai yang dalam istilah iPhone ialah BH atau Battery Health yang jika 100% maka kualitas baterainya bagus. Pada iPhone bekas kebanyakan terjual dengan BH 100%. Hal ini dikarenakan ada software modifikasi yang mereka gunakan untuk merubah settingan Battery health.

Dan masih banyak lagi permasalahan yang ada pada iPhone bekas seperti masalah baterai yang cepat habis dan tidak original, masalah kamera yang shaky (bergetar sendiri karena masalah OIS), dan lainnya.

Kelebihan Membeli iPhone Bekas

Namun, ada beberapa kelebihan yang bisa kalian dapatkan ketika membeli iPhone bekas ketimbang membeli smartphone Android.

  1. Harga diri karena membeli produk Apple.
  2. Mendapatkan fitur-fitur yang belum pernah ada di smartphone Android bahkan fitur yang diberikan lebih tinggi ditimbang sekelasnya
  3. Update iOS yang panjang ketimbang Android (hingga tulisan ini dibuat iPhone 6S dan 6S Plus masih mendapatkan update iOS)
  4. Performa yang lebih tinggi untuk kelas diharganya (seperti iPhone X dengan harga 3,5 juta yang belum bisa ditandingi oleh smartphone di harga yang sama)

BACA JUGA!

Main PUBG di iPhone X

Bermain Games di iPhone X

Kesimpulan

Kesimpulannya ialah bahwa menurut kami untuk membeli iPhone lawas itu worth it dengan catatan kalian sebagai pembeli harus pintar mencari iPhone yang masih bagus. Selain itu, kalian harus berani menerima resiko apabila terjadi kerusakan pada iPhone anda.

Saran kami, siapkan 25% dari harga iPhone anda untuk disimpan untuk service jika sewaktu-waktu hape kalian rusak. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan asuransi untuk menjaga iPhone kalian tetap aman.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × 3 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami