SmartphoneTechnology Info

Apakah iPhone X Worth It Untuk Nge-game?

Memiliki iPhone mungkin menjadi sebuah impian bagi setiap orang. Bahkan ada stigma di masyarakat bahwa yang memiliki iPhone akan dianggap sultan, orang yang ngerti teknologi dan lain sebagainya. Namun kita akan berbicara di sisi yang lain yaitu apakah iPhone layak dijadikan sebuah perangkat mobile gaming?

Namun kita membuat agak sedikit berbeda yaitu bagaimana kalau iPhone lama seperti iPhone X dijadikan sebuah perangkat gaming mobile? Nah, berikut ini merupakan ulasan penulis secara langsung Ketika menggunakan iPhone X untuk gaming.

Apakah Iphone X worth it untuk nge-game ?

Iphone X

iPhone X merupakan device milik Apple yang dirilis pada bulan September 2017 dalam acara spesial Apple September 2020. iPhone X merupakan hp perdana Apple yang mengusung design Bazzeless serta mengganti touch ID menjadi Face ID.

Secara spesifikasi, iPhone X memiliki chipset A11 Bionic dengan arsitektur 64-bit dimana memiliki fitur Neural Engine dan adanya koprosesor M11. Lalu untuk layar juga sangat bening sekali yaitu dengan menggunakan Super Retina HD yang memiliki layar HDR 10+ serta adanya fitur True Tone dan 3D Touch di dalam device ini.

iPhone X bahkan mungkin juga berlaku bagi seluruh lini iPhone tidak bisa diperuntukan untuk games. Sebab, memang brand Apple ini tidak mengincar pasar gamers. Namun seperti yang kita tahu bahwa device dari Apple ini memang sangat premium apalagi dari segi spesifikasinya yang gila-gilaan. Hal ini membuat perangkat Apple bisa memainkan game-game berat sekalipun.

Penulis secara pribadi memiliki device iPhone X 64 GB dalam kondisi baru dan semua perangkat orisinil. Kenapa penulis membeberkan hal ini? Sebab iPhone X per bulan Juni tahun 2021 ini sudah tidak diproduksi sehingga kebanyakan yang beredar merupakan produk refurbish ataupun rekondisi dan bekas.

Nah sehingga seluruh fitur-fiturnya masih lengkap mulai dari 3D Touch, layar yang jernih, serta sound yang jelas dengan fitur Dolby. Bisa saja nanti ketika kalian membeli iPhone X memiliki pengalaman yang berbeda karena komponenya sudah diubah-ubah. Maka dari itu cermatlah dalam membeli ya Noobs!

Penggalaman bermain games di Iphone X

Penulis memainkan beberapa games disini di antara lain Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, dan beberapa games Moba seperti Mobile Legend, AOV, dan LOL Wild Rift.

Untuk bermain games FPS di iPhone bahkan mungkin diseluruh lini iPhone, menurut penulis sangat memuaskan. Pertama, display atau layarnya sangatlah bagus dengan berbagai teknologi yang disematkan di dalamnya. Kedua, kalian akan memiliki opsi menggunakan 3D Touch untuk melakukan aim ke musuh sehingga seperti sebuah secondary tools.

Berikutnya, selain FPS, games seperti MOBA menurut penulis juga sangat bagus karena latency layar dari hape ini sangatlah kecil sekali sehingga kalian akan beberapa mili detik lebih cepat dibandingkan musuh kalian yang tidak menggunakan iPhone.

Apalagi kalau soal grafik, wah menurut penulis hape iPhone X ini memiliki hardware yang masih bisa menjalankan game-game 2-3 tahun yang akan datang. Untuk game sekarang saja masih bisa memainkan dengan grafis tinggi serta lancar.

Namun yang menjadi kekurangan dari hp ini ialah dari segi baterainya yang sangat amat boros sekali. Bayangkan saja dari 100% mungkin jika memainkan secara intensif selama 1 jam maka bisa menghabiskan 50% baterai iPhone X. Hal ini dikarenakan baterai iPhone X ini hanya 2998 mAh saja. Dan itu sangat amat kecil sekali jika dibandingkan dengan jenis hp lainya.

Suhu panas yang menggangu kita ketika hendak memainkan game juga menjadi masalah. Suhunya memang hangat-hangat sedap, tapi karena material yang digunakan pada iPhone X ini ada kaca dan almunium membuat hape ini menjadi penghantar panas yang efektif dari chipset.

Untuk soal gameplay, menurut penulis cukup sangat mengasyikan sekali. Tanpa adanya lag sama sekali terhadap game-nya dan juga kalian bisa mengatur game nya menjadi sangat indah sekali. Maka dari itulah chipset iPhone itu memang sangat amat powerfull sekali.

Sehingga bisa kita simpulkan bahwa ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari iPhone X yang di antaranya :

Kelebihan

  • Performance yang oke untuk gaming.
  • Memiliki fitur 3D Touch yang bisa dijadikan secondary aim.
  • Display yang indah dengan teknologi HDR.
  • Suara speaker juga bagus dan dual speaker.

Kelemahan

  • Hp cepat panas dan panasnya juga cukup lumayan.
  • Masalah baterai yang sangat boros.
  • Tidak bisa melakukan moding pada game.

Harga

Untuk harga iPhone X menurut laman resmi Apple memang sudah tidak dijual lagi atau produk sudah tidak di produksi lagi. Sehingga kalian hanya menemukan iPhone bekas sehingga sangat sulit sekali menemukan iPhone X yang baru.

Di pasar Indonesia setelah penulis telusuri harga iPhone memiliki kisaran harga 5 Juta hingga 6 Juta tergantung memori yang dipilih. Walaupun juga ada yang menjualnya dengan harga 6 juta ke atas, kemungkinan produk tersebut masih sangat bagus dan mulus.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 3 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami