Gaming Opini

Apakah games PUBG haram di Indonesia !?

“Apakah Games PUBGM haram di Indonesia”

Hai Noobs ! bagaimana kabar kalian semua ? semoga dalam keadaan sehat ya! Sudah lama admin tidak posting, hal ini dikarenakan kesibukan admin dengan proyek sehingga baru bisa posting nih.

Nah noobs pada kali ini penulis akan membuat artikel apakah PUBG Haram di Indonesia ?

Alasan kenapa admin membahas ini ialah bahwa masih banyak yang menanyakan status dari kejadian ini. Terutama para bapak bapak yang tidak menyukai games online PUBG. Maka dari itu harapanya artikel ini akan mengklarifikasi semua pertanyaan tentang PUBG.

“Apakah Games PUBGM haram di Indonesia”

Awal mula kejadian pada tahun 2019

Oke Noobs awal mula kenapa games PUBGM ini haram ialah karena adanya penembakan brutal yang terjadi di dua masjid slandia baru. Pelaku terror tersebut menggaku bahwa aksinya dia ini terinspirasi oleh games PUBGM yang dia mainkan.

Hal ini terdengar oleh salah satu pimpinan MUI yaitu sekretaris MUI JABAR yang dimana akan mempertimbangkan fatwa PUBGM haram di Indonesia, agar kejadian serupa tidak terjadi di Indonesia. Namun hal ini perlu dikaji lebih dalam untuk mengeluarkan fatwa tersebut.

Namun sayangnya di daerah Aceh bahwasanya PUBGM sudah diharamkan pada daerah tersebut, hal ini bisa terjadi karena MUI Aceh berpendapat bahwa PUBG ini memiliki unsur kekerasaan dan kebrutalan dalam kontenya.

akibatnya games PUBG dianggap dapat membuat dampak negative bagi para pemainya terutama para anak anak dan remaja yang membuat mereka berprilaku tidak baik. ]

“Hasil rapat, PUBG sama dengan hukum bermainnya haram. Alasan utamanya adalah karena permainan ini secara perlahan bisa membangkitkan semangat kebrutalan anak-anak, dan dampaknya bisa melahirkan perilaku yang tidak baik,” ucap Faisal Ali, Rabu (19/6/2019).

sehingga dari sini kita mendapatkan point asal mula wacana kenapa PUBG ini haram yaitu KARENA ADANYA KEJADIAN ATAU TRAGEDI PENEMBAKAN BRUTAL YANG TERJADI DI DUA MASJID SLANDIA BARU. DAN SI PELAKU MENGGAKU TERINSPIRASI DARI GAMES PUBG DALAM AKSINYA.

Fakta yang sebenarnya atas kejadian di slandia baru

Pelaku terror yang menembak dua masjid di slandia baru ini ialah BRENTON TARRANT. Berikut ini merupakan fakta yang penulis ambil dari berbagai sumber yang ada :

Di media kabar berita dikabarkan Brenton Tarrant terinsipirasi melakukan aksinya ini oleh video Games PUBG, namun faktanya ialah Brenton ini memang terinsipirasi dari video games namun bukan PUBG. Dalam wawancaranya :

Apakah Anda diajari kekerasan dan ekstremisme melalui permainan video, musik, sastra, film?

“Ya, ‘Spyro the dragon 3’ mengajari saya etno-nasionalisme. Fortnite melatih saya untuk menjadi pembunuh dan ber-floss (dansa khas Fortnite) pada mayat musuh saya.TIDAK.

SEHINGGA DARI SINI AKSI DIA TERSEBUT BUKAN KARENA TERINSIPRASI DARI VIDEO GAMES

Ternyata Brenton inspirasi dalam melakukan aksi kejinya tersebut karena terinsipirasi oleh ‘Knight Justiciar Breivik’ sebutan untuk Anders Breivik dimana lelaki ini melakukan pembunuhan 77 orang dalam aksi pengeboman di Oslo, Norwegia.

Berikutnya ternyata aksi Brenton Tarrant sudah direncakan dua tahun lalu dan memutuskan lokasi aksinya 3 bulan sebelum kejadian. Motiv dari yang dia lakukan ini ialah dalam wawancaranya :

“menunjukkan kepada penjajah bahwa tanah kami tidak akan pernah menjadi tanah mereka, tanah air kami adalah milik kami sendiri dan selama orang kulit putih masih hidup, mereka tidak akan pernah menaklukkan tanah kami dan mereka tidak akan pernah menggantikan kami.”

Kehebohan di games PUBG hingga diwacanakan haram

Dari berita yang dikabarkan Brenton yang terinsipirasi dari PUBGM untuk melakukan aksinya yang keji ini adalah HOAKS. Membuat berbagai pihak melakukan pengkajian akan games PUBG ini yang dimana seperti yang sudah dijelaskan bahwa pelaku tidak terinsipirasi dari video games.

Salah satu pihak yang menggap serius ini ialah MUI yang dimana MUI Aceh saja sudah mengeluarkan fatwa bahwa games PUBG haram.

Kehebohan lainya ialah sebagai berikut :

  • event atau mode Games di dala PUBG yang menyembah Patung atau dalam hal ini Berhala
  • lafads Allah di dalam games PUBG
  • karpet yang mirip sejadah
  • Gift Box mirip ka’bah
  • Dll

Cat: data di atas perlu di triangulasi kembali sebab penulis tidak bisa menunjukan gambarnya karena media terbatas. Namun di youtube banyak hal hal yang seperti ini silahkan dilihat.

STATUS PUBGM HINGGA SAAT INI !

Hingga saat ini status PUBGM ini ialah sebagai berikut :

  1. PUBGM diharamkan oleh MUI Aceh
  2. Hingga saat ini di Indonesia PUBGM masih di kaji hingga tulisan ini dibuat (tahun 2020),
  3. Sementara masih di kaji, MUI memberikan rekomendasi diantara lain :
    1. membatasu Usia  hanya untuk 16 tahun ke atas
    2. konten  sudah dibatasi dan di filter agar sesuai konteks di indonesia
    3. waktu bermain  gameplay PUBG sudah dibatasi oleh developer manjadi 6 jam saja.
    4. dampak yang ditimbulkan à dilakukan oleh stakeholder terkait

 

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 7 =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami