Tips n Trick

Apakah Gamers Butuh Monitor 144Hz/240Hz?

Di sini yang gamers minimal punya RIG yang capable untuk gaming. Ya walaupun memang hardwarenya tidak gaming, tapi spesifikasinya kuat untuk bermain game minimal di 1080p Medium. Khusus untuk gamers PC, mungkin penting banget yang namanya VGA atau CPU yang mahal agar bisa mendapatkan perfoma game yang tinggi seperti di resolusi 1440p atau 4K dengan target 60FPS. Namun, ada satu komponen yang mungkin para gamer PC akan coba untuk murahin biar bisa membeli VGA lebih mahal, yaitu Monitor. Tapi, taukah kamu kalau Monitor juga tak kalah penting dari VGA?

Bagi kamu gamer kompetitif, pasti sudah tidak asing yang namanya “High Refresh Rate” gameplay dimana kamu disarankan untuk bermain game di atas 100FPS atau 100Hz.  Mungkin bagi kamu yang punya budget pas-pasan, engga mungkin kan korbanin spek PC mu dengan membeli Monitor yang agak mahal karena memang Monitor dengan “Refresh Rate” 60Hz ke atas harganya lebih mahal.

Kita selalu menargetkan game untuk bisa bekerja di 60FPS sebagai standar animasi yang smooth dan nyaman. Jadi, kira-kira main di atas 60FPS itu ngaruh banget ga sih? Kenapa kok banyak gamers kompetitif yang harus menggunakan Monitor di atas 60hz bahkan 100hz?? Kita akan bahas di sini!

Monitor High Refresh Rate (144hz/240hz)

Monitor “High Refresh Rate” adalah Monitor yang dapat me-“refresh” pixel hingga 120hz ke atas. “High Refresh Rate” dimulai dari 120hz ke atas. Biasanya Monitor dengan “Refresh Rate” yang tinggi juga mempunyai “Response Time” yang cukup rendah. Paling “tinggi” ya paling 5ms dan paling rendah bisa 1ms bahkan 0.5ms.

Monitor dengan “High Refresh Rate” juga dilengkapi oleh “Adaptive Sync” seperti FreeSync Premium dan Nvidia Gysnc untuk mengurangi bahkan mengeliminasi efek “Tearing” karena FPS di games lebih tinggi/lebih rendah dibanding “Refresh Rate” Monitor.

Ciri-ciri Monitor ini yang paling terlihat adalah animasi yang lebih smooth dan lancar. Jika menggerakan Windows di layar, tulisannya itu masih terlihat jelas dibandingkan kamu menggunakan Monitor 60hz. Selain itu, komputer jadi terasa lebih responsif dan cepat dibandingkan 60hz.

Apakah Kamu Butuh Monitor di atas 60hz

Game di 60FPS itu sudah sangat cukup untuk dimainkan. Gamenya bahkan sangat smooth jika dibandingkan dengan 30FPS, dan beberapa games jaman sekarang juga sudah sangat berat sehingga hanya beberapa yang bisa dimainkan di resolusi tinggi dan “Refresh Rate” tinggi karena memang butuh VGA dan CPU yang kuat.

Kami juga pernah menulis pada artikel ini bahwa kamu lebih baik memprioritaskan grafis games setinggi-tingginya dibandingkan dengan perfoma FPS. Bahkan, kami merekomendasikan Go 4K/30FPS dibandingkan 1080p/120FPS jika VGA kamu tidak kuat. Jadi, memang main games di zaman sekarang yang penting adaah grafik. Jadi ya 60hz sebenernya mah cukup aja. Mending budget dialihin buat VGA yang lebih baik atau cari resolusi Monitor yang lebih tinggi.

Tapi ada satu genre games yang mewajibkan kamu melakukan hal sebaliknya, yaitu “Competitive Shooter Game”.

“Competitive Shooter Game” itu seperti games CSGO, Valorant, COD Warzone, dan Apex Legend. Semua itu sangat membutuhkan “High Refresh Rate” Monitor.

“Competitive Shooter Game” sangat bergantung dengan kehebatan akurasi dan juga refleks dimana semua itu terjadi sangat cepat. Kamu membutuhkan semua informasi dengan cepat tanpa ada delay atau pun lag agar bisa sukses. Nah, ini lah mengapa penting sekali punya Monitor 144hz.

Jika Main Competitive, Kamu Butuh Monitor 144hz

Sebagai player serba cepat tentunya kamu membutuhkan informasi yang sangat cepat juga. Maka delay antara games dengan kamu harus diminimalisir. Pertama, jika kamu sudah punya VGA dan CPU tercepat yang bisa memompa game kamu ke 144FPS ke atas itu sudah sangat bagus. Berarti kamu lebih baik dibanding orang yang hanya bisa 60FPS.

Dengan GPU dan CPU cepat, kamu mendapatkan informasi yang lebih cepat dibanding lawan mu karena PC mu bisa me-render grafik lebih cepat dan smooth. Selain itu, semakin cepat FPS, maka semakin rendah lantency VGA mu.

Nah, itu semua tidak akan maksimal jika kamu menggunakan Monitor di 60Hz.

Perbandingan antara 60hz dengan 144hz itu jauh. Jika antara 60Hz dan 144hz dibandingkan bersama pada “Frame Rate” 60, kamu bisa lihat bahwa 60hz itu kaya lebih lagging dibandingkan 144hz. Perbandingannya menyerupai 30FPS VS 60FPS. Sangat jauh, padahal 60FPS sendiri sudah bisa lebih smooth

Nah, karena 144hz mempunyai animasi smooth dengan lagging yang lebih sedikit. Kamu sendiri mendapatkan informasi grafik melalui VGA mu lebih cepat dibandingkan lawan mu yang masih 60 FPS.

Jika kamu mengontrol games di antara 30FPS dan 60FPS, pasti kamu merasakan bahwa pada 30FPS kontrol mu agak ngerasa seperti skipping, engga smooth dibandingkan 60FPS. Nah, ini juga sama antara 60 VS 144 FPS. Kontrol akan jauh lebih lancar dan smooth. Jadi kamu bisa lebih akurat dalam aim.

High “Refresh Rate Monitor” otomatis juga mempunyai “Response Time” yang lebih rendah. Biasanya paling buruk di 5ms-10ms. Yang paling bagus untuk tipe IPS adalah 1ms. Jika menggunakan TN atau OLED, kamu bisa mendapatkan seminimal 0.1ms. Sangat responsif.

Jika “High Refresh Rate” tidak disandingkan dengan “Response Time” yang cepat, maka kamu akan melihat efek “Blurry”. Jadi beberapa manufaktur yang menyediakan Monitor “High Refresh Rate” pasti juga punya mode “Low Response Time”>

“Response Time” ini penting karena secepat apa Monitor mu me-refresh warna pixel pada saat konten di PC mu berubah-ubah. Jika lambat, maka kamu akan melihat efek “Blurry” atau “Trail” karena pixel ga langsung mengganti warnanya secara cepat.

Dengan High Refresh Rate Monitor, Kamu Bisa Lebih Jago!

Jadi, tanpa harus melihat teknis lebih dalam, Monitor dengan “Refresh Rate” tinggi mendapatkan beberapa keuntungan yaitu:

  • Animasi yang lebih smooth sehingga kamu bisa aim lebih mudah.
  • Kamu mendapatkan informasi lebih awal dibanding musuh mu Karena “Low Response Time” dan “Refresh Rate” tinggi.
  • Kontrol jadi terasa lebih resposif.

Ketiga faktor ini sudah cukup untuk membantu mu agar bisa ahli atau jago di game “Competitive Shooter”. Dan ini kami buktikan benar.

Kami buktikan dengan ekperimen. Kami bereksperimen dengan 3 orang di game Call of Duty Modern Warfare 2019 dimana 3 orang ini akan bermain di 60Hz dan 144hz. Ketiga orang ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  • Gamer A: “Casual Gamer”. Bermain games apapun dan jarang bermain Call of Duty.
  • Gamer B: “Shooter Gamer”. Orang ini tau main game shooter dan tau bagaimana Call of Duty bekerja.
  • Gamer C: COD Gamer. Orang ini tau banget selak-beluk game Call of Duty. Main hampir setiap hari dan selalu bilang, “Aduh gw bakal kalah” ke gamer A pada saat mabar.

Nah tiga orang ini akan diuji dengan 4 test sebagai berikut:

  • Test 1, Monitor Lock ke 60hz/1ms, FPS Game Lock 60FPS.
  • Test 2, Monitor Lock ke 144hz.1ms, FPS Game Unlocked
  • Test 3, Monitor Lock ke 60hz.1ms, FPS game Unlocked
  • Test 4, Monitor kantor 75hz/5ms, FPS Game Unlocked

Game yang ditest adalah Call of Duty MW 2019 dalam waktu 5 menit dengan mode “Free-For All”, Map Killhouse dengan tingkat kesulitan bot adalah veteran.

Dan berikut hasilnya:

  • Gamer A: Menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada test 2 sebelum bermain di test 1. Lalu Menunjukkan penurunan pada saat balik ke test 3 tapi lebih baik hasilnya dari test 1. Test 4 hasilnya paling buruk dari semua test.
  • Gamer B: Mempunyai peningkatan hampir di semua test. Gamer B ternyata mempunyai skor lebih tinggi pada test 3. Dan saat test 4, mengalami penurunan. Tapi lebih baik dibanding test 1.
  • Gamer C: Juga mempunyai hasil sama dengan gamer A. Pada test 2, hasil kill melompat tinggi, tapi kembali ke rata-rata pada saat mencoba test 3. Dan hasil test 4 yang paling buruk dari semua test.

Dari eksperimen ini, maka benar bahwa dengan Monitor “High Refresh Rate” dapat membantu mu untuk jago dalam bermain game kompetitif. Bahkan gamer kasual pun yang jarang bermain game shooter mempunyai peningkatan pada saat bermain di 144FPS.

Untuk hasil gamer B, ternyata mempunyai familiaritas dengan map Call of Duty yang ditest. Selain itu, gamer B mempunyai “Muscle Memory” yang baik. Jadi dia tau bot respawn-nya dimana aja. Dan hanya sekali dua kali coba, langsung hafal.

Kami juga mungkin harus sampaikan bahwa respon dari gamer B bahwa katannya dia lebih baik bermain di 60FPS dan di unlocked karena animasi lebih “lambat” dibanding 144 FPS. Kecepatan gameplay di game Call of Duty tidak bergantung dengan “Frame Rate”. Jadi mau 1000FPS pun kecepatan gameplay akan tetep sama. Jadi kami tetap memberikan kesimpulan yang tetap karena “Margin of Error” dimana gamer B punya familiaritas dengan map yang ditest. Selain gamer B, Hasilnya pun mirip-mirip dari keempat test.

Kesimpulan, Apakah Kamu Butuh Monitor 144FPS?

Jawabannya adalah tergantung. Jika kamu merupakan gamer kompetitif yang bermain game Multiplayer yang membutunhkan reaksi yang cepat maka Monitor 144hz sangat dibutuhkan.

Tapi kalau kamu gamer kasual atau bermain game yang temponya lambat seperti games AAA, games RPG atau MOBA/Strategy maka kamu tidak memerlukan Monitor 144hz. Ya karena 60FPS aja sebenernya sudah cukup. lancar.

Kami sih merekomendasikan pada Noobs disini yang gamers untuk membeli Monitor 144FPS. Mau nantinya gamenya bisa lancar di 144 FPS atau ngga mah urusan entar. Kenapa? Biar nantinya kamu ngga perlu upgrade monitor ke depannya. Selain itu, make Monitor 144hz itu sangat “Quality of Life Improvement” banget loh. Hanya untuk sekedar scrolling sosial media, ngetik di Office ataupun nonton Youtube di Monitor 144hz itu serasa lebih smooth dan nyaman banget. Dan PC kamu tentunya akan terasa lebih responsif.

Tapi disamping dari RIG PC yang kuat dan Monitor dengan “Refresh Rate” tinggi, ada satu faktor yang masih sangat penting dalam main game kompetitif yaitu skill masing-masing gamers. Mau secanggih apapun kalau kamu ngga bisa main, ya ngga akan jago.

Jadi terus latihan ya Noobs sampai jago!

Baca Tips n Trick lainnya hanya di Legion Noob ID!

Rekomendasi dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 4 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami