Gaming InfoTips n Trick

Apa itu Anti-Aliasing? – Penjelasan, Kegunaan dan Jenis

Mungkin banyak noobs disini pada saat bermain game terus buka settings dan terlihat settingan bernama “Anti-Aliasing”. mau game PC ataupun Mobile ada beberapa game yang menambahkan fitur grafik tersebut misalkan game Player Unknownbattleground (PUBG). nah Kan “anti Aliasing” ini tuh bisa bikin HP cepet panas terus perfoma game di PC jadi lag, sebenrnya Apa itu Anti-Aliasing? penting ga sih? berikut penjelasannya.

Apa Itu Anti-Aliasing?

Anti-Aliasing (AA) adalah sebuah teknologi strategi untuk menghilangkan Jaggies atau effek seperti “tangga” pada garis tepi sebuah grafis video game agak terlihat lebih mulus atau Smooth. nah kenapa kok bisa ada Jaggies? kenapa developer tidak bikin game yang ga ada jaggies?

well, ngga gitu mikirnya. Video game yang kamu lihat pada layar itu sebenernya kumpulan dari Kotak kotak kecil yang dinamakan “Pixel”

Pixel di Anti-Aliasing

Nah Objek pada game itu kan bermacam macam, ada yang Bentuk bulet,kotak segitiga dan sebaginya. Jika gambarnya mempunyai sudut dan garis lurus, ga masalah karena pixel itu bentuknya kotak kotak. nah Kalau misalkan ada objek yang mempunyai Lengkungan atau garis diagonal, maka gambar tersebut akan tergambarkan pada pixel seperti tangga tangga. Nah efek tangga tangga pada objek tersebut itu dinamakan jaggies.

Contoh Aliasing

Nah karena grafik dengan jaggies itu tidak enak dipandang, maka dari itu ada teknologi sebagai solusi dalam permasalahan tersebut, yaitu Anti-Aliasing.

Anti-Aliasing ini kerjanya hanya menambahkan sampel yang percis dengan grafis yang terkena jaggies lalu ditambahkan semacam manipulasi warna atau teknik manipulasi gambar pada celah celah di jaggies agar terlihat mulus atau Smooth. Jika Celah celah itu tertutupi maka objek akan terlihat lebih mulus, walaupun sebenarnya kalau di zoom kembali masih terdapat celah yang kecil kecil. tapi teknik ini sangat akurat agar pengguna dapat melihatnya lebih smooth.

Anti-Aliasing

Maka dari itu Jika kamu bermain game pada pixel yang sedikit misalkan resolusi 1280×720 yang berarti hanya terdapat 720 pixel pada satu scene, maka pixel yang membentuk objek otomatis besar besar untuk menempati semua lebar layar mu. karena besar besar akhirnya “jaggies” ini terlihat.

Kalau misalkan kamu bermain pada 1920×1080 yang berati terdapat 1080 pixel,maka pada satu objek terkumpul pixel yang kecil kecil dan menyebabkan gambar jadi lebih smooth karena jaggies sangat sangat kecil sampe tak terlihat.

BACA JUGA

Anti-aliasing ini banyak banget jenis dan tekniknya, setidaknya terdapat 3 Jenis Anti-aliasing dengan teknik yang berbeda beda.

MSAA (Multi-Sampling Anti-Aliasing)/TXAA (Temporal Anti-Aliasing)

MSAA merupakan teknik Anti-Aliasing yang umum didapatkan pada game game. MSAA ini cukup seimbang pada Perfoma dan kualitas grafik. MSAA menggunakan teknik dengan cara memanipulasi warna warna pada bentuk  yang melengkung agar celah pada bentuk geometris itu dapat ditutup. MSAA ini punya tingkatan yaitu 2x 4x dan 8x. jika makin tinggi maka perfomanya makin turun.

Perlukah MSAA

TXAA Kerjanya juga hampir sama dengan MSAA. cuman TXAA ini jauh lebih efesien dan ringan untuk diimplementasikan pada game game. Tapi karena TXAA ini dibangun oleh perusahaan seperti NVIDIA dan AMD. Maka perfoma penggunaan TXAA ini tergantung pada optimalisasi masing masing kartu grafis.

SSAA (Super Sampling Anti-Aliasing)

SSAA ini adalah teknik Anti aliasing yang paling akurat dan paling bekerja. SSAA ini kerjanya adalah dimana GPU kamu akan merender Resolusi yang lebih tiunggi dibanding Monitor mu lalu di Downsample. Misalkan Kamu punya Layar 1366x768p. jika kamu menggunakan SSAA (atau juga optionnya bernama Resolution Scale) di kali 2, maka GPU mu akan merender sekitar 20% dari Resolusi awal mu menjadi 1600x900p dan di Kecilkan (downsample) sampe muat di layar 768p kamu. 

SSAA/Resoution Scale

Teknik ini sangat efektif karena dengan adanya tambahan Pixel yang di persempit, maka kemungkinan celah Jaggies itu akan tertutupi karena adanya penggabungan Pixel 900p itu di 768p. Tetapi teknik ini memakan banyak perfoma mu karena GPU akan terus merender 900p tersebut secara terus menerus walaupun dilayar hanya 768p.

FXAA (Fast Approximate Anti-Aliasing)

FXAA ini merupakan Anti-Aliasing yang sangat tekenal dan banyak dipake digame game zaman now. FXAA ini lebih enteng dibanding anti-aliasing yang lain, karena teknik pada FXAA tidak menggunakan kalkukasi gambar atau manipulasi warna warna atau bentuk yang membuat GPU mu bekerja keras. Teknik yang digunakan FXAA adalah menggunakan “Blur”. Blur ini diimplementasikan pada  Sudut sudut Jagies sehingga Jaggies tersebut terlihat lebih mulus.

FXAA Nvidia

Kiri: No FXAA, Tengah: Ada sedikit FXAA, Kanan: FXAA. Sumber Nvidia 

Bayaran dari FXAA ini objek dan grafik keseluruhan akan terlihat ngeblur jika kamu bermain pada pixel yang cukup besar atau layar yang besar. walau gitu FXAA masih menjadi teknik primadona gamer agar grafik tidak ada jaggies.

Trus gimana? Pake ga nih Anti-Aliasing?

Kalau kamu ga masalah dengan Grafik yang ada sudut sudut begitu dan tidak mau melelahkan GPU atau kamu punya GPU yang low end sih ga perlu digunakan. jika Perfoma adalah prioritasmu. Jika kamu mempunyai GPU yang cukup kuat atau Grafis memukau adalah prioritas. Anti-Aliasing ini harus banget di gunakan.

Lalu perlu diperhatikan juga Layar Monitor yang digunakan. Biasanya kalau kamu punya Layar monitor hanya 15 Inch atau 17/21 Inch. 768p dengan FXAA dan 1080p tanpa FXAA juga sangat cukup untuk menghilangkan Jaggies.

tetapi jika kamu mneggunakan TV sampe 40 Inch dengan Support 4K bla bla bla. yaa jika kamu menggunakan pixel 768p dengan FXAA/MSAA/TXAA pun tetep akan ada terlihat Jaggies karena layar yang besar sudah pasti membutuhkan pixel yang banyak. Solusinya adalah menggunakan Resolusi tetap mu sama dengan Layar TV dan menggunakan sedikit Anti-Aliasing.

TIPS Penggunaan Anti-Aliasing untuk PC dan HP (Mobile)

Sebenernya penggunaan ini tergantung masing masing hardware PC atau HP pada noobs sekalian. tetapi kami akan memberikan rekomendasi

Perlukah Penggunaan Anti Aliasing PC:

Rekomendasi kamu adalah Perlu. karena game PC biasanya dimainkan pada layar 15 Inch keatas untuk grafis yang halus.  Penggunaan Anti-Aliasing ini sangat menggunakan Kekuatan Hardwaremu, Pastikan Komponen PC mu kuat untuk digunakan Anti-Aliasing dan Cooling yang bagus agar tidak Overheat pada saat GPU bekerja keras.

Perlukah Pengunaan Anti-Aliasing di HP (Mobile):

Untuk HP yang notabene tidak punya Cooler, Anti-Aliasing ini direkomendasikan Untuk di Matikan saja. Walaupun mayoritas Anti-aliasing yang digunakan adalah FXAA (Seperti PUBG Mobile) dan beberapa game yang punya SSAA (Resolution Scale) Sebaiknya disetarakan dengan Resolusi layar. Karena Jika Anti-Aliasing akan memaksa Hardware HP bekerja keras dan akhirnya menjadi Panas. Jika sudah seperti itu maka akan terjadi Thermal Throttling dimana HP ahrus menurunkan perfomanya agar tidak overhating. jika itu terjadi Pengalaman gaming mu bisa Pudar karena Frame rate yang turun.

PUBG Mobile Dengan Anti-Aliasing (liat tepi di Meja)

PUBG Mobile Tanpa Anti-Aliasing (liat tepi di Meja)

Untuk HP sendiri juga Pixel dengan 720p saja sudah menutupi Jaggies tersebut karena layar HP cendrung kecil dibandingkan layar monitor PC. maka Anti-Aliasing tidak perlu digunakan jika jaggies tidak terlihat.

Itu dia Penjelasan mengenai Apa itu Anti-Aliasing. semoga bermanfaat!

Tags

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + 16 =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami